Pengertian Statistik dan Statistika



Dalam kamus Bahasa Inggris, terdapat dua istilah yang kerapkali muncul terkait dengan istilah “statistik”, yaitu: statistic dan statistics, atau bisa dikatakan "statistik" dan "statistika". Kedua istilah ini memiliki makna yang berbeda. Istilah ‟statistika‟ (dalam bahasa Inggris: statistics) berbeda dengan istilah "statistik" (dalam bahasa Inggris: statistic). Berikut pengertian kedua istilah ini.

Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Statistika banyak diterapkan dalam berbagai disiplin ilmu, baik ilmu-ilmu alam (misalnya 
astronomi dan biologi maupun ilmu-ilmu sosial (termasuk sosiologi dan psikologi), maupun di bidang bahasa, bisnis, ekonomi, dan industri. 

Statistika juga digunakan dalam pemerintahan untuk berbagai macam tujuan; sensus penduduk merupakan salah satu prosedur yang paling dikenal. Aplikasi statistika lainnya yang sekarang popular adalah prosedur jajak pendapat atau polling (misalnya dilakukan sebelum pemilihan umum), serta jajak cepat (perhitungan cepat hasil pemilu) atau quick count. Di bidang komputasi, statistika dapat pula diterapkan dalam pengenalan pola maupun kecerdasan buatan.

Statistik, adalah data statistik. Artinya bahwa, statistik merupakan kumpulan bahan keterangan yang berupa angka atau bilangan, atau dengan istilah lain, deretan atau kumpulan angka yang menunjukkan keterangan mengenai cabang kegiatan hidup tertentu. 

Sehingga statistik dengan pengertian data kuantitatif (yang disebut: data statistik), adalah data angka yang dapat memberikan gambaran mengenai keadaan, peristiwa, atau gejala tertentu (Sudijono Anas, 2010:2-3). Jadi, statistik bisa dipahami sebagai rekapitulasi dari fakta yang berbentuk angka-angka yang disusun bisa dalam bentuk tabel dan diagram, untuk mendeskripsikan suatu permasalahan. 

Misalnya digunakan untuk ukuran sebagai wakil dari kelompok fakta, seperti nilai rata-rata mahasiswa, rerata produktivitas kerja satu perusahaan, presentase dari keberhasilan belajar, ramalan kemampuan mahasiswa dalam memprediksi hasil produksi pertanian dan sebagainya (Riduwan dan Sunarto, 2010:10-11). 

Secara kebahasaan, statistik berarti catatan angka-angka (bilangan), perangkaan, data yang berupa angka-angka yang dikumpulkan, ditabulasi, dikelompokkan, sehingga dapat memberi informasi yang berarti mengenai suatu masalah, gejala, atau peristiwa (depdikbud, 1994). 

Menurut Sutrisno Hadi (1995) Statistik adalah untuk menunjukkan kepada pencatatan angka-angka dari suatu kejadian atau kasus tertentu. Hal ini juga selaras dengan apa yang didefinisikan oleh Sudjana (1992) bahwa statistik adalah kumpulan fakta berbentuk angka yang di susun dalam daftar atau tabel dan atau diagram, yang melukiskan atau menggambarkan suatu persoalan. 

Dari penjelasan kedua istilah ini: statistika (statistics) dan statistik (statistic), maka dapat dipahami bahwa sesungguhnya kedua istilah ini memiliki perbedaan. Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedangkan statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data itu sendiri.

Dari kumpulan data, statistika dapatlah digunakan untuk menyimpulkan atau mendeskripsikan data; ini dinamakan statistika deskriptif. Sebagian besar konsep dasar statistika mengasumsikan teori probabilitas. Beberapa istilah statistika antara lain: populasi, sampel, unit sampel, dan probabilitas.

Rujukan Buku:
Busthan Abdy. (2017). Pengantar Dasar Statistik Pendidikan. (hal.8-10). Kupang: Desna Life Ministry
Share on Google Plus

Tentang Abdy Busthan

Abdy Busthan, S.Pd., M.Pd., M.Fil., adalah Dosen dan Teknolog Pembelajaran. Pembina dan Peneliti di Jurnal Ilmiah Flobamora Science. Dibesarkan di kota Nabire, Papua.Tempat tinggal di kota Kupang NTT. Lulus pendidikan S-1 dengan predikat lulusan terbaik dan tercepat (cumlaude), hanya dengan waktu 3 tahun, yaitu di FKIP IPTH Universitas Kristen Artha Wacana Kupang. Pendidikan S-2 pada Magister Teknologi Pendidikan, dengan mengambil konsentrasi ilmu Teknologi Pembelajaran dan Magister Filsafat.

0 komentar:

Post a Comment